25 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

25 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Olahraga untuk Kulit Sehat
3 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami
Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Anda

Penelitian mengungkapkan banyak sekali manfaat puasa untuk kesehatan. Penelitian yang dilakukan secara ilmiah tidak ditemukan kerugian orang berpuasa untuk organ tubuhnya.

Medical News Today melaporkan sebuah penelitian yang menunjukkan puasa periodik – yang didefinisikan dalam penelitian ini sebagai satu hari puasa hanya dalam seminggu – dapat mengurangi risiko diabetes di antara orang-orang yang berisiko tinggi terhadap kondisi tersebut.

Studi dilakukan oleh Dr. Valter Longo dan rekan dari University of Southern California (USC) di Los Angeles, menemukan puasa yang lebih lama  2-4 hari – bahkan dapat melakukan “reboot” sistem kekebalan tubuh, membersihkan sel kekebalan lama dan Meregenerasi yang baru – sebuah proses yang mereka katakan dapat melindungi dari kerusakan sel yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti penuaan dan kemoterapi.

manfaat puasa untuk kesehatan tubuh

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan rahmah, juga diwajibkan berpuasa penuh bagi setiap muslim yang sudah berakil balik. Allah berjanji akan memberikan berkah kepada orang yang berpuasa. Selain keistimewaan manfaat puasa untuk kesehatan, berpuasa juga akan mendapat hikmah dari Allah berupa Pahala berlipat dan kebahagiaan.

25 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

Berikut 25 manfaat puasa untuk kesehatan yang harus kamu ketahui :

  1. Membuang Racun di Tubuh

Biasanya racun mengendap di bagian lemak tubuh kita, saat kita berpuasa tubuh akan membakar lemak sebagai cadangan energi. Dengan begitu, secara otomatis racun yang berbahaya pun akan ikut terbakar. Racun-racun tersebut juga akan terbakar atau hilang melalui keringat dan saat buang air kecil &besar.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Apakah anda tau berpuasa juga dapat membuat jantung kita sehat hlo?!

Manfaat puasa untuk kesehatan bagi jantung adalah menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung kita. Kolesterol yang menumpuk di dalam pembuluh darah dapat membuat jantung kita bekerja lebih berat yang dapat mengakibatkan timbulnya penyakit jantung dan atau serangan jantung.

Nah selama kita berpuasa secara tidak langsung kita akan mengurangi makanan yang berminyak karena kita akan mengonsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga pola hidup sehat agar puasa kita lancar, secara otomatis kolesterol akan berangsung menurun dan akan menormalkan kinerja jantung kita. Ehh, puasa tidak hanya menurunkan kolesterol hlo, berpusa juga dapat mengurangi plak yang dapat menyumbat pembuluh darah dengan menambah makanan yang sehat juga.

  1. Meningkatkan kemampuan otak (Lebih tajam dan Kreatif)

Berpuasa sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak kita hlo. Beberapa studi penelitian membuktikan, puasa dapat meningkatkan neurotropik yang diturunkan oleh otak.

Neurotropik inilah yang bertugas untuk membentuk sel-sel otak yang baru (regenerasi).Manfaat puasa untuk otak tak hanya itu saja, puasa juga membuat pikiran kita menjadi lebih tenang dan melambat. Uniknya, pikiran melambat inilah yang justru membuat otak untuk berpikir lebih tajam dan kreatif.

Ditinjau dari segi insting, rasa lapar adalah masalah kelanjutan hidup, sehingga wajar apabila berpuasa membuat kita berpikir lebih tajam dan kreatif. Hal semacam ini sudah dibuktikan dengan kasus sekelompok mahasiswa di University of Chicago yang diminta untuk berpuasa selama tujuh hari. Selama masa itu, terbukti bahwa kewaspadaan mental mereka meningkat drastis, dan bahkan progres mereka dalam berbagai penugasan kampus mendapatkan nilai baik.

  1. Menurunkan Berat Badan

Buat para wanita yang merasa berat badannya kurang ideal, nah ini nih cara diet yang sehat dan juga dapat pahala juga hehehe. Berpuasa dapat menurunkan berat badan anda, dengan berpuasa lemak jahat akan terbakar. Dan menjaga pola hidup sehat makan saat puasa juga dapat membantu anda untuk mengontrol lemak dalam tubuh anda. Bagi anda yang ingin diet sehat dan melakukan ibadah sekaligus dapat di coba.

  1. Manfaat puasa untuk kesehatan Ginjal

Hampir semua organ tubuh mendapatkan manfaat dari puasa, termasuk salah satunya adalah organ ginjal. Seperti kita ketahui bersama, ginjal merupakan organ yang bertugas untuk menyaring zat berbahaya yang masuk dalam tubuh, kemudian membuangnya melalui urin. Fungsi ginjal akan menjadi maksimal apabila osmosis urin dalam tubuh mencapai 1.000 s.d 12.000 mg osmosis/kg air. Dengan melakukan puasa, target osmosis urin tersebut akan tercapai.

  1. Meningkatkan Sistem Imun (Kekebalan Tubuh)

Ketika seseorang berpuasa kadar Limfosit dalam tubuhnya akan meningkat sampai 10 kali lipat. Kondisi semacam ini memberikan pengaruh besar terhadap sistem imun tubuh, sehingga bisa disimpulkan puasa sangat baik untuk kesehatan.Caranya cukup dengan mengonsumsi buah-buah yang kaya akan mineral dan vitamin saat berbuka dan sahur. Dengan begitu, sistem pertahanan tubuh akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

  1. Mengurangi Risiko Diabetes

Masih banyak yang merehken penyakit ini, walau pun penyakit ini tidak separah penyakit jantung atau ginjal tapi belum ada obat untuk penyakit kencing manis (diabetes) ini. Nah, manfaat puasa selanjutnya adalah mengurangi resiko diabetes, dengan berpuasa dapat membantu tubuh memecah glukosa menjadi energi lebih optimal. Dengan demikian tidak ada sisa gula yang tertimbun di pembuluh darah.

  1. Meningkatkan Produksi Sperma

Dalam penelitian dilakukan penelitian pada hormon testoteron, prolaktin, lemotin, dan hormon stimulating folikel (FSH), Ternyata hasil akhir kesimpulan penelitian tersebut puasa bermanfaat dalam pembentukan sperma melalui perubahan hormon hipotalamus-pituatari testicular dan pengaruh kedua testis. Bahkan, puasa dapat meningkatkan jumlah produksi sperma pada pria lebih dari biasanya. Itu berarti, puasa dapat membantu meningkatkan peluang kehamilan bagi pasangan suami istri.

  1. Mengencangkan Kulit

Untuk memiliki kulit yang kencang, Anda tidak perlu repot-repot melakukan perawatan yang mahal atau menggunakan obat-obatan kecantikan. Cukup dengan berpuasa karena metabolisme dalam tubuh akan beristirahat yang membuat sel-sel dalam tubuh bekerja lebih maksimal. Sehingga membuat organ tubuh luar seperti kulit akan sehat dan kencang. Hal ini dapat terjadi karena puasa memicu regenerasi sel lebih cepat, terutama sel kulit baru di area wajah.

  1. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Metabolisme yang efisien berarti jumlah nutrisi terserap dari makanan semakin besar. Meningkatnya metabolisme penyerapan nutrisi tersebut ternyata disebabkan karena pengaruh hormon adiponectin yang meningkat. Hormon ini meningkat lantaran telah terjadi kombinasi antara sahur dan puasa, sehingga memungkinkan untuk menyerap nurtrisi lebih banyak. Sungguh luar biasa manfaat puasa ini.

  1. Mengurangi Penyakit Pernapasan

Puasa bisa membantu Anda yang mengalami masalah pernapasan salah satunya adalah sesak napas. Hal ini terkait dengan kosongnya perut selama puas ayang memberikan kesempatan bergerak bagi rongga badan secara lebih leluasa, sehingga kinerja paru-paru menjadi lebih baik dan semakin bertambah kadar keluasannya.

  1. Menurunkan Adrenalin

Keadaan psikologis yang tenang, teduh dan tidak dipenuhi rasa amarah saat puasa ternyata dapat menurunkan adrenalin. Saat marah terjadi peningkatan jumlah adrenalin sebesar 20-30 kali lipat. Adrenalin akan memperkecil kontraksi otot empedu, menyempitkan pembuluh darah perifer, meluaskan pembuluh darah koroner, meningkatkan tekanan darah arterial dan menambah volume darah ke jantung dan jumlah detak jantung.

Adrenalin juga menambah pembentukan Kolesterol dari lemak protein berkepadatan rendah. Berbagai hal tersebut ternyata dapat meningkatkan resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak seperti jantung koroner, stroke dan lainnya. Secara tidak langsung anda akan menahan amarah anda saat berpuasa, itu lah mengapa puasa dapat menurunkan adrenalin.

  1. Manfaat puasa untuk kesehatan Penderita Encok

Manfaat lain yang perlu penelitian lebih jauh adalah pengaruh puasa pada membaiknya penderita radang persendian (encok) atau rematoid arthritis. Parameter yang diteliti adalah fungsi sel penetral (netrofil) dan progresifitas klinis penderita. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat korelasi antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel penetral dalam membasmi bakteri.

  1. Berpuasa dapat Mempertajam Pandangan Mata

Khusus bagi penderita rabun, puasa berguna untuk membuat pandangan mata lebih tajam, penglihatan lebih jelas dan jernih. Menurut hasil riset ahli, orang dengan masalah penglihatan akan mengalami peningkatan ketajaman yang cukup segnifikan setelah menjalani puasa.

  1. Puasa Menyembuhkan Gangguan Pencernaan

Seorang dokter yang meraih Nobel Bidang Kedokteran tahun 1912 yaitu Alexis Carrel berkomentar mengenai manfaat puasa bagi kesehatan. Pernyataan atau komentar tersebut dijadikan sebagai acuan para dokter sampai saat ini.”Frekuensi, keteraturan, dan kecukupan makanan dapat menghentikan sebuah fungsi yang memainkan peran besar dalam kelangsungan umat manusia, fungsi tersebut ialah adaptasi terhadap kekurangan makanan. Oleh karena itu, sesekali waktu manusia harus berpuasa.”

Menurut beliau, penyakit yang paling banyak tersebuhkan dengan puasa adalah penyakit gangguan pencernaan (lambung dan perut).

“Puasa mempunyai efek seperti tongkat sihir yang dapat menyembuhkan penyakit akibat gangguan fungi pencernaan. Jenis penyakit berikutnya yang efektif disembuhkan oleh puasa adalah penyakit darah, kemudian penyakit tulang seperti rematik.”

  1. Meningkatkan Hormon Seksual

Sebuah penelitian menunjukan bahwa pada minggu pertama puasa, hormon kejantanan (testosteron, perangsang kantung (FSH) dan lemotin (LH)) akan mengalami penurunan. Namun dalam jangka panjang, hormon-hormon tersebut justru megalami peningkatan setelahnya. Hal tersebut menyebabkan performa seksual meningkat terhadap orang-orang yang rajin berpuasa dalam jangka panjang.

  1. Menjaga Kesehatan Mental

Diungkapkan oleh Dr. Ehret seorang ilmuwan bidang kejiwaan, bahwa di dalam otaknya, manusia memiliki fungsi pembersih dan penyehat otak dengan bantuan sel yang disebut “neuroglial cells”. Selama berpuasa, sel-sel neuron yang sakit atau mati akan “dimakan” oleh sel-sel neurogial ini. Kondisi ini berdampak baik pada mental seseorang.

Lebih lanjut lagi beliau menyebutkan, untuk mendapatkan kesehatan fisik seseorang bisa berpuasa dalam beberapa hari saja. Namun, untuk mendapatkan kesehatan mental, seseorang harus berpuasa lebih dari 21 hari. Dari pernyataan tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa puasa Ramadhan yang waktunya selama sebulan penuh meman gbisa jadi sarana untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mental.

  1. Mengatasi Masalah Jerawat

Bagi Anda yang memiliki jerawat membandel, puasa bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkannya. Ini dikarenakan, salah satu penyebab jerawat merupakan racun yang tidak bisa keluar dengan sempurna dari tubuh.

  1. Menyehatkan Rambut dan Kuku

Cobalah berpuasa jika ingin memiliki rambut dan kuku yang sehat. Hal tersebut karena proses regenerasi sel-sel tubuh,  manfaat puasa untuk kesehatan bisa untuk pertumbuhkan rambut serta kuku yang lebih baik dan sehat dari sebelumnya.

  1. Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Mengurangi waktu makan dan meningkatkan waktu puasa dapat mengurangi level glukosa sehingga menekan risiko kanker payudara bagi wanita. Hal ini karena puasa mengubah pola makan menjadi sederhana sehingga bisa mengendalikan konsentrasi glukosa darah menjadi lebih baik.

  1. Meredakan Penyakit Maag

Beberapa orang yang mengalami maag dikarenakan pola makan yang tidak benar. Dengan puasa dapat membantu mengubah pola makan sehingga terhindar dari penyakit maag.

  1. Cara Berhenti Merokok

Jika anda memiliki kebiasaan buruk seperti merokok, puasa menjadi salah satu momen yang baik untuk berhenti melakukannya. Walaupun bukan cara satu-satunya, puasanya dapat meredakan gejala-gejala kencanduan nikotin yang muncul ketika anda berhenti merokok.

  1. Mencegah Tumor

manfaat puasa untuk kesehatan menjaga badan dari berbagai macam zat-zat yang berbahaya mulai dari kelebihan kalsium, protein, atau juga lemak. Tidak hanya itu, puasa juga membantu Anda untuk terhindar dari tumor pada stadium awal. Hal ini dikarenakan pertumbuhan sel tidak normal seperti tumor, tidak mendapatkan dukungan suplai makan dalam tubuh sehingga berujung dengan kematian sel.

  1. Tubuh Lebih Segar

Saat berpuasa, sistem tubuh kita beristirahat dari proses mencerna makanan yang masuk. Maka dari itu, tubuh akan melakukan proses detoksifikasi dan melakukan perbaikan sel, jaringan, dan organ tubuh. Energi yang biasanya digunakan untuk mencerna atau memproses makanan ini digunakan untuk membersihkan tubuh. Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih berenergi karena puasa membuat kita menjadi lebih ringan.

  1. Mengurangi Resiko Kerusakan Gigi

Saat puasa, asupan gula yang dikonsumsi akan berkurang. Hal inilah yang mengurangi risiko kerusakan gigi seperti radang pada gusi. Kondisi ini bisa lebih efektif apabila anda juga tidak terlalu banyak mengonsumsi gula saat puasa maupun sahur.

Nah, itulah 25 manfaat puasa untuk kesehatan tubuh. Berpuasa memang mempunyai banyak sekali manfaat arusnya kita selalu bersyukur kepada Allah SWT semoga selalu dilimpihkan berkah dan rahmat-Nya.